Kajian Keliling UNS

Monday, January 21, 2008
Menjelang sholat magrib ketika saya dan istri ngobrol santai, saya teringat undangan acara kajian di Kantor Pusat UNS ba'da isya'. Istri saya yang kini sedang hamil memasuki bulan ke-7 saya ajak.. dan alhamdulillah bersedia untuk ikut serta. Perutnya semakin besar,kadang terasa pusing, dan anak saya yang masih di dalam kandungan sudah menendang-nendang.. jadi harus extra hati-hati untuk bepergian.

Bertempat di Kantor Pusat UNS, 20 Januari 2008 diadakan Kajian Keliling ( Kaling ) sebagai tindak lanjut dari acara Tarawih keliling pada tiap bulan Ramadhan. Pada kesempatan kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Prof.Dr.dr.H.Much.Syamsulhadi, Sp.Kj(K) yang juga sebagai Rektor UNS dengan ustad yang memberi kajian adalah Ust DR.dr.Zaenal Arifin Adnan Sp.PD.

Dalam sambutannya Pak Syamsul menyampaikan bahwa perlunya kajian tidak hanya di bulan Ramadhan saja tetapi setiap bulan harus diadakan,hal ini perlu untuk menjaga keistiqomahan dan penawar racun selama sebelas bulan di luar Ramadhan.

Ust. DR.dr.Zaenal Arifin Adnan Sp.PD. menyampaikan bahwa untuk masuk surga tidaklah mudah seorang rektor akan di mintai pertanggungjawaban apa saja yang dilakukannya, beliau juga menghimbau bahwa agar semua dosen menjadi dosen agama Islam karena jika Al Qur'an di baca oleh ahli hukum maka akan menjadi produk hukum, jika dibaca oleh dokter maka akan menjadi produk kesehatan dan sebagainya. Jadi, ketika dosen mengajar kepada mahasiswa dipahamkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al Qur'an.

Pada akhir acara, Prof.Ir. Sholahuddin, MS bertanya tentang sholat lima waktu dan sholat Jum'at yang sunah muakhad mendekati wajib di lakukan di Masjid. Acara kaling diselenggarakan sebagai rangkain sholat isya' dan kebetulan hari Jum'at yang lalu ruang tersebut juga di pakai untuk sholat Jum'at. Dengan bijak Ustad menjawab bahwa setiap jengkal bumi Allah adalah tempat bersujud maka boleh mendiorikan sholat dimanapun, kecuali tempat-tempat yang di larang.

Melihat realitas diatas, tentu saya sangat senang...karena kampusku semakin sejuk meresap ke hati pengelola kampus. Selain kajian pejabat teras, hampir di tiap unit kerja juga ada kajian rutin...

0 comments: